Selasa, 29 November 2011

Definisi Pendidikan

Berbagai Definisi Pendidikan yang diungkapkan oleh para ahli. Definisi pendidikan sendiri sudah tercantum di dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, yakni :


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.


Selain itu berbagai definisi tentang pendidikan lainnya menurut beberapa ahli, sebagai berikut :


1. Menurut Prof. Dr. John Dewey : Pendidikan adalah suatu proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan ialah proses menyesuaikan pada tiap-tiap fase serta menambahkan kecakapan di dalam perkembangan seseorang.


2. Menurut J.J. Russeau : Pendidikan adalah pembekalan yang tidak ada pada pada saat anak-anak, akan tetapi dibutuhkan pada saat dewasa.


3. Menurut Ki Hajar Dewantara : Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.


Pendidikan menurut penulis sendiri sebenarnya adalah suatu proses menjadi tahu yang berawal pada saat seseorang masih bayi yaitu, saat seseorang dilahirkan sampai dengan dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan bahkan berawal dari sebelum seseorang lahir seperti yang dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan atau memperdengarkan musik kepada bayi yang ada di dalam kandungan.


Pendidikan dialami seseorang tidak berarti sempit pada pendidikan formal di bangku sekolah saja, tetapi banyak bentuk pendidikan lainnya seperti Pendidikan Formal, Pendidikan Informal, dan Nonformal.

2 comments:

tolong di perjaskan sedikit dua definisi tentang pendidikan

Posting Komentar

Silahkan menyampaikan pendapat anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...