Selasa, 06 Desember 2011

Sentralisasi Guru ? Apa Dampaknya ?

Kebijakan tata kelola guru akan disentralisasi mulai tahun 2012 mendatang. Suatu kebijakan akan membuahkan beberapa dampak, apa dampak dari kebijakan sentralisasi guru tersebut ?


Penyebab munculnya wacana agar pendidikan segera desentralisasi adalah berdasarkan hasil evaluasi kualitas pelayanan dasar, pendidikan tidak mengalami kemajuan signifikan setelah diotonomikan, tetapi hal ini jangan terlalu gegabah dilakukan oleh pemerintah, sebab sama seperti saat diadakannya otonomi pada bidang pendidikan beberapa tahun yang lalu, dan katanya tidak membuahkan kemajuan signifikan, lalu apabila dilakukan pemusatan lagi dan tidak menunjukan kemajuan signifikan apakah akan dikembalikan lagi kepada bentuk otonomi di bidang pendidikan ? Bolak-balik. 


Dalam sentralisasi guru pemerintah sebaiknya mengkaji terlebih dahulu sebelum berkeputusan. Sebaiknya pemerintah meninjau kembali baik-buruknya keputusan-keputusan yang menyangkut dunia kependidikan di Indonesia ini, agar tercapainya tujuan pendidikan itu sendiri. Dampak yang ditimbulkan oleh keputusan ini seharusnya juga menjadi perhatian pemerintah, terutama karena masalah pendidikan adalah masalah yang sangat urgent dalam aspek pembangunan negeri ini.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan menyampaikan pendapat anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...